Dosen FIP UNWAHA Gelar Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer dari Bahan Alami (ZerUmi)

Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer

Untuk teknis pelaksanaan pelatihan, tim PKMS dibantu oleh 6 mahasiswa-mahasiswi dari prodi pendidikan matematika, yaitu Hafidhoh, Yunita, Lintang, Mathori, Maya dan Zidan.

Hand Sanitizer alami ini disebut ZerUMi (Hand Sanitizer Unwaha Alami). Hand Sanitizer ini dibuat dari bahan dasar antara lain 1) Batang Serai, 2) Alovera (Lidah Buaya) & Daun Kemangi, 3) Daun Sirih & Air Jeruk Nipis, 4) Daun Jeruk Purut & Daun Salam. Berikut ini bentuk produk jadi ZerUMi.

Hand Sanitizer Unwaha Alami (ZerUMi)

Pemateri menyampaikan manfaat hand sanitizer dari bahan alami sangat banyak. Diantaranya yaitu tumbuhan yang dapat diolah menjadi antiseptik alternatif non alkohol yaitu tumbuhan dari daun sirih, daun jeruk purut, jeruk nipis dan batang serai. Tumbuhan ini banyak ditanam di Desa Tambakrejo Jombang, khususnya di lingkungan pesantren, namun masyarakat belum mengetahui manfaatnya bagi kesehatan. Seperti daun sirih mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat pembasmi kuman dan memiliki kandungan senyawa dalam menghambat perkembangan bakteri patogen. Daun sirih juga memiliki kemampuan antiseptik, antioksidan dan fungisida. Jeruk nipis selain digunakan sebagai aroma, juga mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai antibakteri dan mengandungan senyawa flavanoid yang dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus Aereus yaitu kuman pada kulit.

Pelatihan Pembuatan Hand sanitizer alami di PP. Putra-Putri As-Salafiyyah Asy-Syafi’iyyah Tambakberas-Jombang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.