Workshop Media Pembelajaran dan Administrasi Sekolah Berbasis Digital: Peningkatan Keterampilan Guru MABU dalam Bidang Digital

Kemajuan Teknologi dan Informasi di Era Industri 4.0 dan Era Society 5.0 yang semakin berkembang pesat sangat mempengaruhi berbagai bidang kehidupan termasuk di dunia pendidikan. Hal ini menuntut civitas akademika FIP untuk lebih cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi dalam pembelajaran. Sebagai bentuk implementasi kerjasama dengan sekolah, FIP UNWAHA (Universitas KH A. Wahab Hasbullah) Jombang bersama dengan Madrasah Aliyah Bahrul Ulum (MABU) Jombang pada Senin, 18 Desember 2023 mengadakan Workshop dengan tema “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva dan Digitalisasi Administrasi Guru “.

Pada kesempatan tersebut, hadir tiga pemateri yang ahli dalam bidangnya, yakni Bapak Mashuda, S.Pd., M.Si., Dr. M. Qoyum Zuhriawan, M.Pd. dan Bapak Aji Massani.  Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Bapak M. Farid Nasrulloh, M.Pd., “Pendidik seharusnya melek teknologi baik di tingkat Pendidikan Tinggi maupun tingkat Sekolah. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan telah banyak memberikan inovasi-inovasi terbaru untuk menunjang optimalisasi proses pembelajaran di kelas,” Jelas Dekan FIP tersebut.

Pemberian Materi Pembelajaran Berbasis Canva oleh Bapak Dr. M. Qoyum Zuhriawan

Bapak Aji Massani (Pemateri pertama) pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Digitalisasi Administrasi Guru dapat mempercepat dan mempermudah kinerja guru. Materi dilanjutkan oleh Dr. M. Qoyum Zuhriawan Pemateri kedua sekaligus Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan) tentang Penggunaan Canva dalam Pembelajaran. Kemudian materi terakhir disampaikan oleh Bapak Mashuda (pemateri ketiga, juga sebagai Wakasek MABU) menyampaikan penggunaan quizziz dalam penilaian hasil belajar siswa.

Pemberian Materi Digitalisasi Administrasi Guru oleh Bapak Aji Massani

Peserta terlihat bersemangat dalam mengikuti workshop ini. Hal ini terlihat beberapa peserta mengajukan beberapa pertanyaan terkait media maupun administrasi sekolah. Harapannya, kerja sama antara UNWAHA dan MABU tetap dilakukan, salah satunya dilaksanakan workshop atau pelatihan setiap tahun, baik dalam bidang pendidikan ataupun bidang yang lain (adm.fip).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.