Belajar Sambil Berdampak ala Ade Ilud Nabila

Belajar Sekaligus Berdampak melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 (part 1)

Kampus Mengajar adalah bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Sebagaimana disampaikan pada laman Ditjen PAUD Dikdas dan Dikmen, Program ini merupakan transformasi dari Program Kampus Mengajar Perintis yang bertujuan untuk memberikan solusi bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdampak pandemi dengan memberdayakan para mahasiswa untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Melalui program Kampus Mengajar ini mahasiswa mendapat kesempatan selama 1 (satu) semester untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi. Mahasiswa bisa membaktikan ilmu, keterampilan, serta menginspirasi para murid sekolah dasar dan menengah tersebut untuk memperluas cita-cita dan wawasan mereka. Saat ini program Kampus Mengajar telah mencapai angkatan keempat.

Program Kampus Mengajar Angkatan 4 (KM4) ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa aktif Program Studi S1 dan vokasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dibawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi. Pada Kampus Mengajar Angkatan 4 ini ada lima mahasiswa UNWAHA yang lolos sebagai peserta program. Salah satunya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Ade Ilud Nabila. Ade Ilud Nabila, atau lebih sering dipanggil Ilud, adalah mahasiswa semester 6 Prodi Pendidikan Matematika UNWAHA asal Denanyar Jombang.

Ade Ilud Nabila-Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UNWAHA (dok. pribadi)

Ilud membagikan mengalamannya mulai dari proses pendaftaran, seleksi, pengumuman lolos/tidaknya pendaftar, sampai pada penempatan di sekolah sasaran. Ilud menjelaskan tentang beberapa persyaratan untuk mendaftar program Kampus Mengajar Angkatan 4, seperti persyaratakan minimal IPK, pengalaman mengajar maupun pengalaman organisasi, sampai pada syarat surat rekomendasi dari program studi yang diketahui pimpinana Perguruan Tinggi untuk memgikuti ptogram Kampus Mengajar. Setelah Ilud memenuhi semua persyaratan, mulailah Ilud melakukan pendaftaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.