Belajar Sambil Berdampak ala Ade Ilud Nabila

Belajar Sekaligus Berdampak melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4

Pendaftaran dimulai dengan mengakses website Kampus Merdeka di kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, kemudian log in dan klik “Program”. Selanjutnya pendaftar akan diarahkan ke halaman Program Kampus Merdeka, kemudian memilih ‘Kampus Mengajar’. Setelah masuk ke halaman ‘Kampus Mengajar’ mahasiswa melakukan klik pada ‘Daftar Sebagai Peserta’. Setelah itu akan muncul halaman Registrasi yang terdiri dari beberapa form yaitu; a) Unggah Dokumen Wajib, b) Unggah Dokumen Pendukung, c) Kontak Pribadi, d) Data Akademik, e) Kontak Darurat, f) Review Data, g) Ringkasan Kegiatan. Setelah tombol ‘Daftar’ di klik dan pemberitahuan ‘Sukses’ muncul, maka data pendaftaran telah berhasil tersimpan.

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, selanjutnya para pendaftar akan memasuki alur seleksi mahasiswa yang meliputi seleksi administratif, Verifikasi dokumen, Pengalaman mengajar, Tes daring, yaitu tes Literasi Numerasi, Survei Kebhinekaan, dan Value Clarification Test. Bagi mahasiswa yang lolos seleksi awal Kampus Mengajar Angkatan 4 akan mendapatkan pesan melalui email dan notifikasi di dalam akun Kampus Merdeka/MBKM.

Pemberitahuan dalam Akun Kampus Merdeka/MBKM

Beberapa kriteria seleksi mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 4 diantaranya Lolos seleksi administrasi lolos survei kebhinekaan, pertimbangan prestasi, pengalaman organisasi, Pengalaman mengajar dan tentunya ketersediaan kuota sekolah sasaran. Melalui semua tahapan seleksi ini akan ditentukan mahasiswa yang lolos mengikuti Kampus Mengajar Angkatan 4.

Jika mahasiswa telah menyelesaikan serangkaian tes yang sudah dijelaskan diatas maka mahasiswa hanya perlu menunggu pengumuman akhir. Pengumuman LOLOS program Kampus Mengajar ini dapat dilihat di akun MBKM masing-masing mahasiswa sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan (Jika mahasiswa dinyatakan LOLOS maka di akun MBKM mahasiswa akan tersemat gambar warna hijau yang menyatakan ‘Kamu Diterima di Kampus Mengajar’) serta mahasiswa akan mendapatkan pesan lewat WhatsApp dari Ditjen Dikti yang menyatakan bahwa ia lolos program Kampus Mengajar.

Pelaksanaan program Kampus Mengajar di sekolah sasaran dilakukan secara berkelompok. Pada program Kampus Mengajar Angkatan 4 ini, Ilud beserta empat mahasiswa lain peserta program ditempatkan di SMP ISLAM MOJOPAHIT daerah Mojoduwur-Mojowarno, Jombang.

DPL, Mahasiswa Peserta Program dan Bapak/Ibu Guru SMP Islam Mojopahit Jombang (dok. probadi)

Setiap kelompok dari program Kampus Mengajar didampingi oleh satu orang dosen (DPL). Penentuan DPL, Anggota Kelompok dan Sekolah Penempatan ditentukan secara keseluruhan oleh pihak panitia Kampus Mengajar Angkatan 4. Pada program ini, rekan kelompok Ilud adalah mahasiswa dari berbagai universitas di Jawa, antara lain mahasiswa STKIP PGRI Jombang, mahasiswa Universitas Negeri Malang, mahasiswa UNIPDU Jombang, dan mahasiswa AMIKOM Yogyakarta. Kelompok ini didampingi dan dibimbing oleh Bapak Agik Nur Efendi, M.Pd, selaku DPL. Beliau adalah dosen dariIAIN Madura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.